Minggu, 18 Desember 2011

TUMBUH KEMBANG JIWA USAHA MELALUI UPPKS ATAU UPPKA




Salah satu jalan keluar mengatasi kemiskinan adalah dengan menumbuhkan jiwa entrepreneurship di masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya dari masalah pengangguran dan kemiskinan.

Seseorang yang memiliki jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan cenderung melakukan inovasi dan memanfaatkan segala sesuatu dari yang kurang mempunyai nilai utility menjadi lebih bernilai.

Menumbuhkan dan mengembangkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan di kalangan keluarga di indonesia tidak mudah. Perlu semangad yang menggelora dan besar bagi calon-calon entrepreneurship serta bimbingan dari pemerintah dan kalangan pengusaha. Calon-calon entrepreneurship dituntut lebih kreatif memanfaatkan peluang.

Usaha mikro keluarga lebih dikenal di kalangan instansi keluarga berencana dengan sebutan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) atau usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor (UPPKA). Usaha ini merupakan wadah kegiatan ekonomi yang beranggotakan keluarga, terutama keluarga pra sejahtera (Pra S) dan keluarga sejahtera I (KS I). Sebagai upaya meningktkan usaha ekonomi produktif dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Peningkatan kesejahteraan keluarga adalah upaya terpadu yang di lakukan pemerintah, masyarakat dan keluarga untuk membudayakan keluarga agar mempunyai kemampuan melakukan usaha produktif. Sehingga mampu meningkatkan taraf perekonomian keluarga yang mendukung tercapainya keluarga sejahtera. Upaya mewujudkan kelurga yang sejahtera di lakukan melalui pembentukan dan pembinaan kelompok UPPKS.

ORIENTASI PASAR
Kelompok UPPKS di harapkan menjadi kelompok usaha berorientasi pasar, berdaya saing dan berperan sebagai elemen pelaku ekonomi lokal. Keluarga-keluarga peserta atau yang belum menjadi peserta atau purna KB di harapkan bergabung dalam wadah UPPKS.

Sumber :
POSKOTA , 2 DESEMBER 2011

Tidak ada komentar: